Mission: Review Mission: Impossible Ghost Protocol

Mission: Impossible Ghost Protocol
Director : Brad Bird
Cast          : Tom Cruise, Jeremy Renner, Simon Pegg, Paula Patton
Rating      : 8/10 (IMDb), 95% (RotteTomatoes), 4/5 (siAnink)

Agen Ethan Hunt kembali menjalankan misi dalam satuan Impossible Mission Force (IMF), untuk menghentikan rencana seseorang dengan nama sandi Cobalt yang berniat menyerang Amerika dengan nuklir. Cobalt  meledakkan bom di Kremlin, Rusia, dan merekayasa agar peristiwa ini terlihat sebagai perbuatan Ethan dan timnya. Agar hubungan Amerika dan Rusia tak pecah, pemerintah Amerika kemudian menyangkal keberadaan IMF dan menyebut kelompok Ethan sebagai teroris. Artinya, Ghost Protocol terpaksa dijalankan.

Bergerak tanpa dukungan pemerintah, mampukah Ethan mencegah Cobalt meledakkan nuklir sekaligus membersihkan namanya?

*insert Mission Impossible’s iconic music score here*

***

Sejujurnya, aku punya tiga kekhawatiran yang muncul di menit-menit awal film ini diputar:

Kekhawatiran Pertama:
Tom Cruise yang bermain sebagai Ethan Hunt  muncul di awal film bermodalkan kaos singlet semata. Yang langsung terbersit di pikiran: Ya Tuhan, aku nggak bakal kuat kalo sepanjang film harus liat Masnya lari-larian pake baju minimalis begitu.
Men, Tom Cruise umurnya udah hampir kepala lima, bodi kebapakan (baca: mirip bapak-bapak) itu udah nggak gitu sedep dipandang mata.

Tapi. Lima menit kemudian Mas Tom langsung berpakaian lengkap yang berlanjut di sepanjang film . Pfiiuuhh… Lanjut ke…

Kekhawatiran kedua:
Ethan Hunt, pemeran utama yang menarik, karismatik, dan pandai akrobatik ini disandingkan dengan Mbak Jane yang sungguh sekseh, atraktif dan yang paling penting: sedang single dan galau karena baru ditinggal mati gacoannya ( yaelah bahasanyaaa!!).

Situasi ini memberikan kemungkinan yang besar adanya love line antara Ethan dan Jane.

Bukannya aku anti bumbu-bumbu cinta atau drama  dalam film action. Tapi drama dalam film action, apalagi drama percintaan, kalo nggak cantik ngaturnya bisa ngerusak ritme film.
Lihat aja Transformer Dark of The Moon yang feel film action-nya kacau balau gara-gara Shia LaBeouf dan Mbaknya (yang aku lupa namanya) sibuk ciam-cium, berantem, dan cemburu-cemburuan tiap 15 menit sekali.

TAPI, ternyata M:I Ghost Protocol cukup bebas dari ‘drama-drama-drama’. so… i’m good😀

Kekhawatiran ketiga:
Aku nggak suka film action. Kemaren nonton pun karena… gratis😀

Menurutku, diantara semua film fiksi, film action adalah genre yang paling banyak ngejejelin kebohongan.
Mana ada satu orang bisa menang ngelawan orang sekampung, ga tergores sedikitpun?

TAPI, ternyata aku bisa menikmati M:I Ghost Protocol, tuh. Kuncinya adalah, anggap aja si Ethan Hunt punya otot kawat tulang besi. Kebanting berkali-kali juga tahan mati.

Tapi selain itu, yang lebih penting adalah Ghost Protocol nggak menghadirkan aksi frontal satu orang vS satu batalyon yang sok heroik, tapi lebih kepada adu strategi. Meski begitu, film ini juga cocok buat yang pingin adrenalinnya naik,  karena unsur ketegangan juga dijalin rapat dalam plot cerita.

Salut buat sutradara Phillip Brad Bird yang berhasil mengatur jeda kapan penonton bisa ikut terhanyut aksi Ethan Hunt dan kapan bisa istirahat mengambil nafas barang sejenak, sehingga yang nonton nggak ngos-ngosan. Salut pada Pak Sutradara ini juga akhirnya kukuadratkan, karena ternyata ini adalah film live-action pertama arahannya. Film yang dia sutradarai sebelumnya? The Incredibles sama Ratatatouille!! Njomplang, man….

Setting film ini juga cukup rame, mulai dari Rusia, Dubai, sampai India. Bagian favoritku adalah sequence di bangunan tertinggi di dunia , Burj Khalifa di Dubai, karena menurutku ketegangan paling nendang ada disini.

Untuk cast, semuanya oke menurutku. Tapi kejutan besarnya (untukku) bukan pada Tom Cruise, si bintang utama, melainkan pemeran pembantu, dan bahkan bintang tamu yang cuma muncul sekitar 10 menit di film. Yang pertama adalah Simon Pegg!!! Gah, i love this dude.

Aku ga tau kalo dia ikut main sejak M:I 3, makanya aku cukup kaget (plus terhibur) karena penampilannya di Ghost Protocol beda jauh dengan aksinya sebagai opsir polisi teladan nan perfeksionis di Hot Fuzz.

Sgt. Nicholas Angel (Simon Pegg, Hot Fuzz)

Di sini dia bermain sebagai Benji, agen koplak yang menurutku sukses menjadi scene-stealer kapanpun dia muncul.

Ada juga Michael Nyqvist yang kali ini bermain jadi Cobalt, si tokoh antagonis. Aku baru nonton dia di trilogi Girl with Dragon Tattoo, so it’s nice to see him again. Walaupun disini dia irit banget ngomongnya.

Yang terakhir ada Mas-Mas India yang aku tahu mukanya, tapi nggak tau namanya (sampai buka IMDb).

Tapi aku yakin dia pernah berperan sebagai tokoh bernama Raj, Rajesh, Inspektur Vijay atau semacamya.

Mas-Mas yang ternyata bernama Anil Kapoor ini sebelumnya kukenal sebagai superhero yang romantis dan pandai menari dari tanah Hindustan. Tapi di film ini dia berperan sebagai milyarder playboy yang tengil! Kocak!!!😀

Oh ya, karena aku sama sekali nggak pernah nonton M:I seri sebelumnya, jadi aku ga ngomongin perbandingan film ini dengan pendahulunya. (gaaaah, awalnya aja aku bahkan ga nyambung IMF itu apa. International Monetary Fund??).
Tapi ada satu hal yang aku suka dari M:I Ghost Protocol. They get rid of those corny numbers.
Mission: Impossible 5 terdengar sealiran dengan Cinta Fitri 5 atau Tersanjung 6, soalnya.

Menurutku M:I Ghost Protocol sudah oke untuk tontonan film action, hanya sayangnya CGI di film ini, seperti di adegan badai pasir misalnya, masih terasa kasar. Jadi terasa bohongan banget.
Selain itu penggunaan sosok Rusia sebagai tokoh antagonis terasa seperti lagu lama yang terlalu sering diulang. Bosan.
Untuk itu kukasih rating empat dari lima bintang deh.

Okehh, thanks for reading my review.

Btw this post will self-destruct in five seconds.

Pic Source:

Ghost Protocol
Sgt Nicholas Angel
Anil Kapoor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s