Usagi Yojimbo: My Favorite (Not So Cute) Rabbit

Title: Usagi Yojimbo
The Brink of Life and Death ( Antara Hidup dan Mati)

Writer: Stan Sakai

Artist: Stan Sakai

Setting: Japan, Edo period.

Sebenernya aku sudah lama ngeliat Usagi Yojimbo di toko buku, tapi selama ini aku nggak tertarik buat baca graphic novel ini, karena:

1. Gambarnya nggak ‘novel grafis’ banget.
Aku hanya membaca beberapa novel grafis,seperti Persepolis-nya Marjane Satrapi atau Epilepsi-nya David B. Karena dua novel ini punya gaya art work yang…well…nyeni banget aku jadi ngerasa Usagi Yojimbo ini kurang nendang. Dibilang novel grafis…tapi gambarnya lebih mirip komik. Dibilang komik…gambarnya nggak lucu-lucu amat.

Epileptic, by David B.

Persepolis, by Marjane Satrapi
usagi yojimbo

ngerti maksudku kan?

2. Usagi Musashi
Aku (awalnya) langsung sebel begitu ngeliat nama tokoh utamanya. Wah…apa ini? Masa The Great Miyamoto Musashi diplesetin jadi kelinci???

And he's not cute!!!

Dan apa yang membuatku berubah pikiran?
Tak lain dan tak bukan adalah bursa buku murah di Blok M yang telah menjual Musashi Yojimbo seharga 10 rebu perak!!! Hwahahaha…. It’s all abou the money =P

***

Usagi Yojimbo bercerita tentang perjalanan seorang ronin, atau samurai tak bertuan, yang bernamaΒ  Usagi Yojimbo. Usagi ini adalah seseorang (sesekelinci?) yang kuat dan memiliki ilmu pedang yang tinggi, namun ia jarang menyelesaikan masalahnya dengan kekerasan, bila keadaan tidak memaksanya demikian.

Usagi berkelana menjelajahi desa, kota, gunung dan desa. Dalam perjalanannya, ia banyak memperoleh teman , dan juga musuh-musuh baru. Dan dengan gagah berani ia selalu melawan kejahatan yang ia temui.

Maju terus, kelinci pembela keadilan!! (haiyah!!!)

***

Hal unik pertama tentang Usagi Yojimbo tentu saja adalah penggambaran karakter-karakternya sebagai binatang. mulai dari kelinci, anjing, kucing, gagak, sampai tikus mondok…sebut saja,Β  semua lengkap ada disana.

Ada pula adaptasi dari berbagai karya kedalam novel grafis ini, mulai dari penggunaan nama Miyamoto Musashi sampai penggambaran Zato Inu yang mengingatkanku pada tokoh Zatoichi, The Blind Samurai (Inget Beat Takeshi di Benteng Takeshi?? Dialah sang Zatoichi!! ^O^).
Padahal awalnya kukira adaptasi Miyamoto Musashi ke Usagi Yojimbo itu cuma gimmick supaya novel grafis ini laku, ternyata lebih dari itu. Ada keasyikan tersendiri ketika mengenali adaptasi tokoh-tokoh tersebut dalam bentuk-bentuk binatang.

Alasan terakhir aku suka novel grafis ini adalah…banyak jagoan ceweknya!!!! (Viva la Femme!!!)

Nggak kalah keren, dan nggak kalah jago.

Ada Inazuma, jagoan samurai berbentuk kucing, yang kecepatan pedangnya bagaikan kecepatan cahaya…(nggambleh mode:on)

Lalu ada juga Kitsune, Robin Hood versi musang wanita. Dia memang tidak jago bermain pedang, namun perempuan mandiri ini memiliki kecepatan (baca: kemampuan kabur & nyopet) yang luar biasa.

Ada juga satu ninja cewek…yang aku lupa namanya siapa ^-^;

Satu hal yang kudu diinget, biar wujudnya mirip komik, buku ini sama sekali nggak cocok jadi bacaan anak-anak. Adegan perkelahian, potong-memotong, atau penggal memenggalnya memang nggak digambarin secara hardcore, tapi tetep aja isinya nggak cocok buat mereka yang umurnya masih dibawah…yah…15 tahun lah.

So…adek2…baca Usagi Yojimbonya nanti saja ya…. *sok menjadi kakak yang baik*

Pic. Source:
Usagi Yojimbo official website

ttp://3.bp.blogspot.com

http://us.muttpop.com

http://www.readaboutcomics.com

http://moonlitgarden.files.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s